BERI KAMI PELAYANAN
YANG TERBAIK !
Kenapa yang
terjadi pada saat sekarang mengenai pelayanan umum di lembaga-lembaga atau tempat-tempat
pelayanan umum bagi masyarakat sangatlah kurang nyaman dan kurang baik. Padahal
seharusnya mereka memberikan fasilitas berupa pelayanan yang memuaskan bagi
masyarakat, tapi yang terjadi sangatlah berbeda atau bertolak belakang dengan
keadaan di lapangan yang ternyata banyak masyarakat yang mengeluhkan layanan
yang diberikan di tempat-tempat yang berlatar belakang atau dinaungi oleh
pemerintahan seperti lembaga negara (negeri), yakni seperti rumah sakit, kantor
administrasi negara, lembaga layanan masyarakat bahkan itu pun terjadi di
lembaga universitas bagian administrasi/pemberkasan. Yang ternyata masih sangat
mengecewakan dari segi pelayanannya.
Yang ditemukan di
layanan rumah sakit negeri, biasanya pelayanan yang diberikan oleh pegawai
kadang terkesan kurang sopan/baik dari sikap yang dimunculkan, seperti mimik
wajah yang tanpa senyum, jutek, sombong bahkan perkataan yang diungkapkan
terkesan judes dan keras.
Memang walaupun hal itu bukan menjadi yang utama tapi
yang namanya sebuah pelayanan kepada masyarakat haruslah memberikan layanan
yang terbaik bagi pengunjungnya. Sebab layanan yang baik dan ramah serta
membuat nyaman akan lebih memeberi hal yang positif bagi yang merasakannya. Kemudian
hal seperti ini tterus berlanjut pada lingkungan pelayanan di kampus yang kalau
sedang membutuhkan keperluan atau sesuatu yang harusnya di layani dengan baik
malah sama halnya pelayanan yang diberikan pada gambaran layanan di atas,
kurang baik dan tidak memuaskan, tidak memberikan sesuatu yang membantu
mahasiswa dalam kebutuhannya, padahal bahasa kasarnya kita semua banyak deh
bukan gratis kuliah, dan seharusnya pegawai/staff tersebut saling menghargai
dan membantu dalam pelayanan.
Memang tidak semua
pelayanan, yang diberikan oleh pegawai atau staff tidak baik dan kurang
memuaskan, hanya saja ada beberapa yang kadang seperti itu. Bukan seharusnya
mereka tidak melakukan hal yang kurang membuat nyaman orang lain, tapi sebagai
orang yang profesional dalam bidangnya haruslah memberikan atau bekerja sesuai
dengan tugasnya yakni melanyani kebutuhan dan kepentingan orang
lain/masyarakat atau mahasiswa.
Ya lebih baik sekarang
yang harus dipikirkan yaitu memperbaiki yakni bagaimana, kita semua khususnya
pihak-pihak yang berkaitan mengevaluasi bagaimana seharusnya pelayanan yang memuaskan
itu bisa diberikan dan tidak ada lagi pihak yang dirugikan dari pelayanan itu,
serta salinglah mengahargai satu sama lain dengan tidak menunjukan ego atau
keperibadian yang membuat orang lain menjadi tidak enak hati nantinya.
Sebaiknya pelayan yang baik yakni memberi layanan yang memuaskan untuk pengunjungnya, denga ramah, sopan santun , baik serta menghargai satu sama lain, serta memberi perhatian, perlindungan dan menjaga seperti perawat dan dokter yang menjaga dan melayani pasiennya dengan baik, pegawai/ staff yang memberi layanan yang baik pada masyarakat/mahasiswanya.
By: Kristin Anisa
Tidak ada komentar :
Posting Komentar