Blue Spinning Frozen Snowflake

Minggu, 30 November 2014

KRITIKAN 3 ( Pelayanan Publik )



BERI KAMI PELAYANAN YANG TERBAIK !




Kenapa yang terjadi pada saat sekarang mengenai pelayanan umum di lembaga-lembaga atau tempat-tempat pelayanan umum bagi masyarakat sangatlah kurang nyaman dan kurang baik. Padahal seharusnya mereka memberikan fasilitas berupa pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat, tapi yang terjadi sangatlah berbeda atau bertolak belakang dengan keadaan di lapangan yang ternyata banyak masyarakat yang mengeluhkan layanan yang diberikan di tempat-tempat yang berlatar belakang atau dinaungi oleh pemerintahan seperti lembaga negara (negeri), yakni seperti rumah sakit, kantor administrasi negara, lembaga layanan masyarakat bahkan itu pun terjadi di lembaga universitas bagian administrasi/pemberkasan. Yang ternyata masih sangat mengecewakan dari segi pelayanannya.

Yang ditemukan di layanan rumah sakit negeri, biasanya pelayanan yang diberikan oleh pegawai kadang terkesan kurang sopan/baik dari sikap yang dimunculkan, seperti mimik wajah yang tanpa senyum, jutek, sombong bahkan perkataan yang diungkapkan terkesan judes dan keras. 

Memang walaupun hal itu bukan menjadi yang utama tapi yang namanya sebuah pelayanan kepada masyarakat haruslah memberikan layanan yang terbaik bagi pengunjungnya. Sebab layanan yang baik dan ramah serta membuat nyaman akan lebih memeberi hal yang positif bagi yang merasakannya. Kemudian hal seperti ini tterus berlanjut pada lingkungan pelayanan di kampus yang kalau sedang membutuhkan keperluan atau sesuatu yang harusnya di layani dengan baik malah sama halnya pelayanan yang diberikan pada gambaran layanan di atas, kurang baik dan tidak memuaskan, tidak memberikan sesuatu yang membantu mahasiswa dalam kebutuhannya, padahal bahasa kasarnya kita semua banyak deh bukan gratis kuliah, dan seharusnya pegawai/staff tersebut saling menghargai dan membantu dalam pelayanan.

Memang tidak semua pelayanan, yang diberikan oleh pegawai atau staff tidak baik dan kurang memuaskan, hanya saja ada beberapa yang kadang seperti itu. Bukan seharusnya mereka tidak melakukan hal yang kurang membuat nyaman orang lain, tapi sebagai orang yang profesional dalam bidangnya haruslah memberikan atau bekerja sesuai dengan tugasnya yakni melanyani kebutuhan dan kepentingan orang lain/masyarakat atau mahasiswa.

Ya lebih baik sekarang yang harus dipikirkan yaitu memperbaiki yakni bagaimana, kita semua khususnya pihak-pihak yang berkaitan mengevaluasi bagaimana seharusnya pelayanan yang memuaskan itu bisa diberikan dan tidak ada lagi pihak yang dirugikan dari pelayanan itu, serta salinglah mengahargai satu sama lain dengan tidak menunjukan ego atau keperibadian yang membuat orang lain menjadi tidak enak hati nantinya.

Sebaiknya pelayan yang baik yakni memberi layanan yang memuaskan untuk pengunjungnya, denga ramah, sopan santun , baik serta menghargai satu sama lain, serta memberi perhatian, perlindungan dan menjaga seperti perawat dan dokter yang menjaga dan melayani pasiennya dengan baik, pegawai/ staff yang memberi layanan yang baik pada masyarakat/mahasiswanya. 



By: Kristin Anisa

Tidak ada komentar :

Posting Komentar